5 Cara Berinvestasi yang Aman bagi Pemula dengan Modal Terbatas

  • Whatsapp
5-Cara-Berinvestasi-yang-Aman-bagi-Pemula-dengan-Modal-Terbatas
Foto dari Canva

Investasi kini sudah berubah menjadi sebuah gaya hidup yang dijalani oleh masyarakat. Perkembangan zaman pun membuat kita semua semakin mudah untuk melakukan investasi. Instrumen investasi yang tersedia semakin beragam jenisnya. Fasilitas investasi semakin mudah dijangkau bahkan secara online. Semua ini membuat cara berinvestasi bagi pemula semakin terasa simple dan praktis.

Investasi Pemula Modal Minim

Bagaimana dengan para investor pemula yang modalnya masih terbatas. Tenang saja, saat ini modal terbatas tidak menjadi halangan untuk memulai langkah investasi. Meskipun Anda memiliki modal kecil, Anda tetap punya kesempatan menjadi investor. Berikut adalah 5 cara yang bisa diterapkan agar pemula modal minim bisa berinvestasi:

1. Terapkan Mindset yang Tepat

Pertama, perbaiki dulu mindset atau pola pikir Anda sebelum mulai berinvestasi. Pahami dulu bahwa investasi ini bukanlah cara instan untuk mendapatkan keuntungan atau uang. Tanamkan pada pikiran Anda bahwa investasi merupakan bentuk pengelolaan finansial yang Anda lakukan untuk dinikmati keuntungannya di masa depan.

Selain itu pahami juga bahwa investasi harus dilakukan dengan ilmu dan skill yang memadai. Tidak bisa sembarangan melakukan investasi tanpa tahu ilmunya. Jadi jangan pernah memulai investasi tanpa belajar terlebih dahulu. Sumber ilmu investasi ada dimana-mana, jangan malas untuk mencari.

2. Pilih Instrumen secara Bijak

Instrumen investasi yang ada saat ini sangatlah beragam. Pilihlah instrumen investasi secara bijak. Jangan memilih instrumen berdasarkan tren yang terjadi di masyarakat. Apalagi memilih instrumen investasi berdasarkan iklan dari influencer di media sosial. Tetap harus dipilih instrumen sesuai dengan profil risiko yang dimiliki.

Bagi para pemula dengan modal terbatas maka ambil profil risiko yang rendah. Pilihlah jenis investasi yang risikonya terbilang rendah sehingga aman untuk dilakukan meskipun modal terbatas. Jangan hanya terpaku pada keuntungan saja tapi harus memikirkan risikonya juga.

3. Jangan Tergiur Mengeluarkan Modal Besar

Jika modal Anda masih terbatas maka keluarkan saja modal dalam jumlah ringan terlebih dahulu. Cara berinvestasi yang baik adalah menyesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Jangan memaksakan diri untuk membayar modal investasi dalam jumlah besar agar dapat untung besar padahal kemampuan finansialnya belum memadai.

Ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa dimulai dengan modal kecil. Sebut saja seperti reksadana pasar uang dan reksadana saham. Bahkan hanya dengan modal Rp100.000,00 saja sudah bisa mulai berinvestasi. Tanpa harus memaksakan keluar banyak modal, Anda sudah bisa mendapat peluang keuntungan yang memuaskan.

4. Gunakan Platform yang Aman

Saat ini investor dimudahkan dengan banyaknya platform online yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Pilihlah platform investasi online yang aman dan sudah diawasi langsung oleh OJK. Selain itu temukan juga platform yang memang mempermudah para investor pemula dengan kepemilikan modal yang tidak besar.

5. Terus Kelola Dana Keuntungan

Jika modal Anda kecil maka jangan malas untuk mengelola profit yang sudah didapatkan. Dengan modal terbatas, Anda tetap bisa menerima profit investasi. Profit ini nantinya perlu dikelola kembali agar bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Cobalah untuk melakukan diversifikasi dengan cara meletakkan uang hasil profit tadi ke instrumen investasi yang berbeda.

Itulah tadi 5 cara berinvestasi yang aman bagi pemula dengan modal terbatas. Salah satu bentuk investasi yang bisa dijangkau oleh pemula bermodal minim adalah peer to peer lending atau P2P lending. Ini adalah bentuk investasi yang memungkinkan Anda untuk meminjamkan dana kepada pihak lain dan mendapatkan imbal balik lebih besar dari modal dana tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.